Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini (PGPAUD) adalah jurusan yang mempelajari tata cara mengajar, melatih, membimbing, dan mendidik anak usia dini agar memiliki perkembangan wawasan, karakter, hingga fisik yang baik.

Tugas lulusan jurusan ini bukan sekadar mengajar menggambar dan menyanyi saja, Brainies. Akan tetapi, mengaplikasikan berbagai cara yang dapat membantu tumbuh kembang anak di golden age-nya.

Apa itu golden ageGolden age merupakan masa emas dalam perkembangan anak. Kapan masa emas terjadi? Menurut Sigmund Freud, masa emas terjadi pada usia di bawah lima tahun sebab pada kurun waktu tersebut perkembangan anak sedang meningkat pesat.

Oleh karena itu, seorang lulusan Jurusan PG-PAUD punya peran besar untuk membentuk kecerdasan otak, emosi, sosial, hingga fisik anak prasekolah di masa emasnya melalui ilmu yang didapat semasa kuliah.

Peluang kerja Jurusan PG-PAUD terbilang cerah di masa depan. Hal ini dikarenakan pendidikan selalu dibutuhkan oleh manusia untuk mengembangkan dirinya. Makanya, lulusan jurusan ini pun akan selalu dicari.

Prospek kerja Jurusan PG-PAUD yang paling umum adalah tenaga pengajar, seperti Guru PAUD, Guru TK, Tutor Anak Usia Dini, Guru Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dan Dosen PAUD.