Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) adalah bidang ilmu yang memberi bekal tentang gimana caranya jadi seorang pendidik sekaligus pengajar bagi siswa-siswi Sekolah Dasar.

Mahasiswa akan mempelajari berbagai materi pelajaran. Jadi nggak heran ya kalau mahasiswa PGSD punya wawasan yang luas? Karena mahasiswa PGSD akan mempelajari banyak bidang, mulai dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, juga PPKn. Selain itu, mahasiswa juga belajar cara membuat rencana pembelajaran.

Lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar memang dicetak untuk menjadi Guru. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kamu bisa mencoba profesi lain di bidang pendidikan.

Misalnya lulusan dapat menjadi seorang pakar yang memberikan pelatihan mengajar kreatif kepada guru-guru SD di berbagai wilayah di Indonesia. Bisa juga menjadi konsultan dalam mengembangkan sekolah.

Selain itu bisa juga menyusun buku ajar, jadi editor buku ajar juga buku latihan soal. Jadi, untuk berkontribusi pada pemerataan kualitas pendidikan bisa dengan berbagai cara.

Berikut ini ada beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti:

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  2. Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNS Daerah)
  3. Konsultan Pendidikan
  4. Guru Sekolah Dasar (SD)
  5. Dosen
  6. Pengasuh Anak/Bayi
  7. Guru Taman Kanak-Kanak (TK)
  8. Pekerja Sosial (Social Worker)
  9. Juru Bahasa Isyarat
  10. Content Creator
  11. Penulis (Content Writer)
  12. Research And Development (RnD)
  13. Editor
  14. Kepala Sekolah