Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)

Visi
Visi dan misi merupakan salah satu hal yang penting dan syarat wajib bagi sebuah institusi. Seperti sebuah ungkapan bahwa hidup tanpa visi dan misi ibarat orang berjalan hanya satu kaki dan tanpa tahu arah dan tujuan. Visi dan misi merupakan komitmen yang menentukan langkah-langkah yang akan diambil dalam mengelola institusi. Setiap institusi memiliki visi dan misi tertentu, tergantung tujuan yang akan dicapai oleh masing-masing institusi. Visi juga dikenal sebagai cita-cita bagi sebuah institusi yang harus dituju. Oleh karena itu, peranan visi dan misi suatu institusi sangatlah penting.


VMTS UPPS menjadi keharusan yang mutlak dijadikan sebagai acuan dasar dan pedoman bagi civitas akademisi UPPS sebagaimana diamanatkan dalam statuta untuk mewujudkan organisasi dan tata kelola perguruan tinggi yang baik. VMTS UPPS merupakan turunan VMTS Institut sebagaimana terdapat dalam statuta Institut Pendidikan Nusantara Global.

Adapun Visi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak usia Dini (PG-PAUD) adalah :
“Menjadi program studi yang mencetak tenaga pendidik PAUD unggul, profesional, mandiri, berbudaya pada tahun 2027”

Misi
Prodi PG-PAUD IPNG memiliki misi sebagai berikut:

  1. Penyelenggaraan pendidikan akademik dan profesional yang bermutu tinggi dalam rangka menghasilkan tenaga pendidik PAUD yang memenuhi standar nasional;
  2. Pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pada bidang pendidikan anak usia dini;
  3. Perluasan jejaring kerjasama dengan instansi atau organisasi terkait dalam upaya peningkatan program studi dan sarana pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas dibidang pendidikan anak usia dini;
  4. Pengembangan disiplin ilmu pendidkan anak usia dini melaui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  5. Pengembangan budaya akademik berstandar dan bermutu tinggi serta menunjang semangat cendikia dalam rangka pengmbangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang pendidikan anak usia dini;

Tujuan
Berdasarkan pada visi dan misi sebagaimana dikemukakan di atas, bertujuan untuk:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan PAUD
  2. Melayani kebutuhan guru lulusan S1 PG PAUD di Provensi NTB.
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dalam bidang pendidikan anak usia dini
  4. Memenuhi kebutuhan peningkatan mutu akademis dan pengembangan profesional bagi praktisi dan pengguna layanan lulusan pendidikan guru pendidikan anak usia dini.

Sasaran
Pengembangan prodi dijabarkan kedalam sasaran umum dan sasaran strategis. Keduanya mengembangkan kondisi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang yang ingin dicapai pada tahun 2027 sasaran umum pengembangan program studi terdiri dari:

Sasaran umum:

  1. Menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik dan praktisi di bidang PAUD yang unggul dan profesional pada tahun 2018-2022.
  2. Menghasilkan penelitian ilmiah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini 2022-2025.
  3. terlaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penyeberluasan ilmu di bidang pendidikan anak usia dini 2022-2025.
  4. Terjalin jejaring dan kemitraan pada tingkat lokal, nasional, dan internasional 2025-2027.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *