Visi, Misi, Tujuan dan Strategi Prodi Pendidikan Jasmani

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Jasamani  Yang Unggul, Berbudaya, Menghasilkan Pendidik yang Berdaya Saing Serta Mencetak Atlet Nasional yang Profesional di Nusa Tenggara Barat Pada Tahun 2027”

Berdasarkan visi institusi yang termuat pada Renstra Institut Pendidikan Nusantara Global, Program Studi Pendidikan Jasmani menjabarkan lebih lanjut menjadi Visi Program Studi untuk melihat keterkaitan antara visi Institusi dengan visi Prodi adalah sebagai berikut:

Unggul: Menghasilkan pendidik, dan pelatih dalam bidang olahraga yang berdaya saing dan mampu beradaftasi dengan perubahan zaman, serta pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan. SDM yang dihasilkan memiliki kompetensi tinggi, daya saing, dan bijaksana dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk meningkatkan martabat bangsa dan negara serta kemanusiaan pada umumnya.

Mandiri: menghasilkan gagasan dan ide untuk memajukan pendidikan paada bidang olahrga, dan Pengelolaan otonom, mempunyai kepribadian tangguh dan kemampuan berinteraksi dengan lingkungan yang berkembang secara dinamis.

Profesional: Mampu menjalankan profesi berdasarkan keahlian dan keterampilan yang dimiliki khususnya pada bidang pendidikan dan olahraga

Berbudaya: Memiliki kepekaan dan ketajaman nurani serta mampu memanfaatkan nilai-nilai   luhur   budaya   lokal   yang   bersifat   universal   untuk   berinteraksi   di masyarakat.

Kandungan  visi  Program Studi pendidikan Jasmani  yang ada sangat  erat  kaitannya dengan  kearifan  lokal  yang  sedang membuming, karena lulusan yang diharapkan mampu membuat gebrakan untuk memadukan antara olahraga dengan pariwisata, dan menjadi daya tarik wisatawan asing untuk mengunjungi Lombok, khususnya Lombok Tengah.  Jika  visi  ini  diaplikasikan  akan sejalan dengan Pola Ilmiah Pokok (PIP) Kebudayaan Institut Pendidikan Nusantara Global yang juga bercirikan  kearifan lokal, norma sosial dan sistem nilai yang berkembang  di Lombok.  Dengan  demikian,  visi  Program Studi Pendidikan Jasmani memiliki kearifan lokal yang bersifat universal yang pada akhirnya menjadi jati diri institusi untuk menghasilkan karya-karya   akademik   yang   inovatif   di   tengah-tengah    peradaban   manusia   yang berkembang sangat dinamis

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu terutama dalam bidang Pendidikan Jasmani.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk menghasilkan sarjana Pendidikan Jasmani yang mampu mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan tugas-tugas kependidikan/ keguruan secara berkualitas dan berwawasan ilmiah serta menguasai IPTEKS 4.0 yang dapat dijadikan dasar untuk menerapkan ilmu pengetahuan, khususnya pendidikan jasmani.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan kemampuan guru dan tenaga pendidik lainnya serta kepentingan masyarakat luas terutama dalam bidang pendidikan jasmani. (orentasi pengajaran/ pendididkan)
  4. Melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan iman dan taqwa. (tentang pendidikan jasmani)
  5. Menjalin kerjasama dengan instransi pemerintah dan swasta baik di dalam maupun luar negeri untuk kepentingan pendidikan, riset, pengabdian pada masyarakat, dan penggalian sumber dana.
  6. Menghasilkan program-program kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk ikut memberdayakan masyarakat dalam bidang Pendidikan dan Olahraga (diperluas implementasinya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *